Halaman

26 November 2008

FUN dengan FAN

Beberapa waktu lalu, Deputi Perlindungan Anak beserta Kementrian Pemberdayaan Perempuan menyelenggarakan Forum Anak Nasional (FAN). Tepatnya dilaksanakan di Hotel Safari Garden-Cisarua, Bogor, 24-27 Juli 2008. Sungguh merupakan sebuah kehormatan bagi KREATif karena diperkenankan untuk mengirimkan perwakilan untuk turut serta dalam Forum tersebut. Perwakilan itu adalah Gayatri(NTB), Raisa(Bekasi), saya sendiri Aditya(Jakarta), dan didampingi oleh Mas Tarto (YKAI).
Forum ini diikuti oleh 72 orang yang terdiri dari 37 anak dan 33 peserta dewasa/pendamping mewakili : kab. Boyolali, kota Surakarta, kab. Sleman, kota Yogyakarta, propinsi DI Yogyakarta, kab. Tulungagung, kab. Sidoarjo, kab. Pacitan, kab. Ponorogo, kota Surabaya, propinsi Jawa Barat, kab. Tanggamus, propinsi Sumatera Barat, propinsi Sumatera Utara, kota Batam, propinsi Maluku, kab. Gianyar, prop. Bali, kab. Sumba Timur, kab. Maumere, kab. Sumba Barat Daya, kab. Sumbawa, propinsi Nangroe Aceh Darussalam, propinsi Sulawesi Selatan, propinsi Jambi, propinsi Riau, propinsi Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, dan pusat.


Hari Pertama, 24 Juli 08

Acara dimulai pada sore harinya yaitu setelah hampir semua peserta berkumpul. Acara awal yang difasilitasi oleh Bpk.Suma Mihardja (Konsorsium Capil), Bpk.Setiadi Agus (YKAI) dan Bpk.Hendra Jamal (KPP) ini diisi dengan perkenalan peserta dan juga kesepakatan kontrak belajar selama forum dilaksanakan.

Acara pembukaan dilaksanakan pada malam harinya yang diisi dengan sambutan dari Staff Ahli Bidang Agama Menteri Pemberdayaan Perempuan, laporan panitia, beserta doa. Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan tugas untuk mendiskusikan permasalahan anak didaerah.

Hari Kedua, 25 Juli 08

Materi pertama di hari kedua ialah materi Pengenalan Diri yang difasilitasi oleh Kak Susan dari YKAI. Selanjutnya ialah acara berbagi pengalaman menghadapi Bencana Alam Gempa oleh Crisna(DIY) dan Joko(JaTeng). Dalam sharing kali ini, kak Crisna dan kak Joko berbagi pengalaman mereka mengenai Gempa. Baik itu persiapan menghadapi gempa, cara berlindung, dsb. Acara menjadi semakin meriah karena kak Crisna mengadakan kompetisi kecil dadakan untuk memperebutkan salah satu wayang golek miliknya. Bagi yang menginginkannya diharuskan untuk menjadi yang paling seru dalam menyanyikan dan menarikan lagu Tarik Tambang ala kak Joko.

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi Komunikasi dan Kepemimpinan oleh Kak Irma (Save the Children UK).
Sore harinya menjelang Magrib, acara dilanjutkan dengan pemaparan berupa diskusi mengenai peta kegiatan partisipasi anak dan lembaga layanan terpadu peduli anak.

Malam harinya, Raisa KREATif sebagai salah satu anak peserta Lokakarya Penyusunan Buku Saku UU PTPPO berbagi pengalaman tentang proses penyusunan buku saku sosialisasi UU PTPPO untuk anak. Setelah itu, ada pula sedikit pengenalan tentang apa itu KREATif oleh Raisa, Aditya, dan Gayatri KREATif.

Hari Ketiga, 26 Juli 08

Hari ketiga diawali oleh sharing pengalaman menjadi Pemimpin Muda Indonesia (PMI) oleh Kadek Doi (Bali), Asep Ramdhani (Jawa Barat) dan Joko Sukamto (Jawa Tengah), dilanjutkan dengan diskusi mengenai pemilihan PMI difasilitasi oleh Budi R (Impact Indonesia). Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai partisipasi anak dan dipandu mengenai pembahasannya oleh Nanang AR (Plan Indonesia).
Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok mengenai Tindak Lanjut Forum Anak Nasional setelah itu perwakilan tiga orang dari tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi untuk kemudian didiskusikan kembali bersama-sama.

Malam harinya menjadi malam penutupan dan juga malam yang ditunggu-tunggu. Setelah berakhirnya acara penutupan oleh Deputi Perlindungan Anak, Panitia mempesiapkan refreshing yang sangat menyenangkan yaitu dengan adanya Safari Night di Taman Safari.

Hari Keempat, 27 Juli 08

S a y o n a r a

FAN merupakan pengalaman yang berharga bagi saya. Dalam waktu 4 hari 3 malam, saya belajar banyak akan banyak hal pula terutama segala sesuatunya mengenai Anak. Materi, Sharing, teman-teman baru, cerita baru, canda dan tawa menjadi komposisi utama dalam FAN. Sungguh FAN merupakan pengalaman yang berharga bagi saya dan KREATif tentunya. Sangat FUN dalam FAN


Aditya Gilank Pratama_KREATif Jakarta

Tidak ada komentar: