Halaman

04 Mei 2010

KREATif Goes To Lapas Anak Tangerang

Jakarta (1/5) – KREATif Jakarta, Sabtu siang melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Tangerang, Provinsi Banten. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lembaga Permasyarakatan Indonesia (27/4), serta sosialisasi budaya menulis bagi andikpas. Selain itu, juga untuk mengetahui situasi, kondisi, permasalahan, dan perkembangan yang ada di Lapas Anak.

KREATif berangkat dari YKAI lebih kurang pukul 12:00 WIB dengan didampingi oleh sejumlah pembimbing KREATif: Bunda Susan, Bunda Aya, dan Kak Ayu.

Acara berjalan sangat lancar dan menyenangkan, dengan acara terdiri dari: Sosialiasasi Undang-Undang Perlindungan Anak dan Konvensi Hak Anak, serta Sosialisasi budaya menulis. Suasana yang terasa adalah kebersamaan, riang gembira, saling berbagi kasih. Kepala Lapas menyatakan bahwa kunjungan-kunjungan seperti inilah yang semoga dapat merubah stigma di masyarakat bahwa Lapas Anak adalah tempat menyeramkan dan menakutkan. Apalagi andikpas-andikpas ini masih anak-anak yang jelas-jelas masih memiliki (dan sangat punya hak) terhadap masa depan mereka yang sama dengan anak-anak di luar Lapas. Kepala Lapas sangat berterima kasih dengan kunjungan ini, dimana KREATif juga menyatakan terima kasih telah diterima dan diberi kesempatan melihat sendiri suasana Lapas,

Rombongan KREATif berdialog dengan para sipir, anak didik serta melihat secara langsung kegiatan serta sejumlah fasilitas yang ada di dalam Lapas. Salah satunya adalah sarana pendidikan. Di samping mata pelajaran yang lazim diajarkan di SD dan SMP, pihak Lapas memberi porsi yang khusus pada pendidikan agama sebagai upaya perbaikan dan pengembangan moral warga binaan. Caranya adalah dengan melakukan kerjasama dengan beberapa pondok pesantren agar mengirimkan tenaga pengajarnya. Ada pula warga binaan yang telah memenuhi syarat tertentu, sengaja dikirim untuk belajar ke pondok pesantren mitra Lapas.

Dalam kunjungan tersebut, KREATif juga melihat ruang-ruang yang ada, antara lain: rumah pintar, pojok curhat, kelas musik, keterampilan, dan bengkel.

Di Lapas Anak Pria, jumlah andikpas mencapai 135 orang. Sedangkan di Lapas Anak Wanita, andikpasnya hanya 13 orang.

Bagi KREATif, kunjungan ini tak sekadar menjadi kunjungan, tetapi juga menjadi kunjungan yang paling mengharukan.

Wara dan Woro, dua pelajar SMA yang ikut serta dalam rombongan KREATif, kali pertama mengikuti kegiatan sosial di Lapas, membayangkan suasana 'penjara' anak-anak itu teramat menyeramkan. Awalnya, mereka
mengira akan bertemu wajah-wajah sangar dan sikap brutal para
penghuni. Ternyata, setelah lima belas menit di dalam dan berbincang
langsung dengan mereka, keduanya bisa tersenyum.

" Tak seperti bayangan saya, ternyata mereka ramah dan bersahabat," ujar Wara.

Ya, mereka memang ramah dan sangat bersahabat. Sikap yang mereka tunjukkan, seolah menghilangkan kesan brutal fisik sebagian mereka yang terlihat 'berbeda' dari anak-anak biasa.

Banyak catatan menarik di sini. Salah satunya ada empat anak di bawah 12 tahun yang menjalani hukuman di Lapas itu. Patrialis Akbar (Menteri hukum dan HAM), pernah menuturkan, anak di bawah usia 12 tahun seharusnya tidak menjadi tahanan atau anak didik di Lapas, namun sebagai anak negara atau dikembalikan kepada orang tuanya. Ia juga menjelaskan, terjadi kesalahan pada prosedur penegakan hukum terhadap anak di bawah usia 12 tahun untuk menjalani tahanan di Lapas.

Empat anak berusia kurang dari 12 tahun yang menjadi anak didik di Lapas Anak Pria tersebut, yakni Surya, Deden Febriansyah, Yusuf dan Ilham karena terlibat berbagai kasus.

Tak ada yang menyalahkan lembaga ataupun institusi mana pun terkait dengan persoalan anak di bawah usia 12 tahun yang menghuni Lapas. Pihak lapas hanyalah sebagai penampung. Lapas tidak bisa diberi sanksi sehubungan persoalan itu karena Lapas hanya sebagai pelaksana dari sebuah proses peradilan.

Sekali lagi, KREATif sampaikan bahwa Lapas Anak sangat jauh dari kesan menakutkan dan menyeramkan. Malah yang tertinggal adalah bayangan andikpas-andikpas yang ceria, bergembira dan santun.

KREATif mengucapkan terima kasih yang luar biasa atas partisipasi teman-teman, baik yang memberikan sumbangan, yang ikut hadir, maupun yang ikut membantu dengan doa, dukungan, dan semangat.

Semoga acara seperti ini dapat berlangsung kembali di hari-hari mendatang.

Terima kasih banyak,,,

Salam Penulis Muda Indonesia ! !

8 komentar:

cicik mengatakan...

Halo, salam kenal. Saya lagi nyari info ttg kehidupan anak LP tangerang. Sudikah membantu saya? saya akan sangat berterimakasih sekali atas bantuannya. Bisakah saya minta alamat e-mail nya? email saya di naksayang@gmail.com.

Makasih...
Cicik

Nura mengatakan...

Saya tertarik untuk mengadakan kunjungan ke LP Anak Tangerang, bisa minta info bagaimana prosedur kunjungannya? Thanks

-nura

Anonim mengatakan...

saya mohon bantuannya,, tolong kirimkan alamat lengkap LP anak Tangerang ke alamat email saya George_radison@yahoo.com ,, saya ingin berkunjung kesana juga trimakasih

Unknown mengatakan...

Hallo...

Saya mahasiswa kriminologi...
sedang mendapat tugas meneliti anak laki2 yang ada di lapas tanggerang...

saya membutuhkan informasi mengenai lapas anak tsb. bagaimana alur masuk dan alamat lengkapnya...

terima kasih

- A. Nawawi -
email: aman.nawawi@gamail.com

Komunitas Remaja Pena Anak Kreatif mengatakan...

Alamat LAPAS ANAK PRIA Tangerang
JL. RAYA DAAN MOGOT NO. 29.C
TANGERANG, 15111
Banten, Indonesia

Sebelum mengadakan kunjungan ke sana, ada baiknya menemui Ibu Sondang terlebih dahulu untuk menceritakan detail tujuan dan rencana kunjungan. Beliau adalah Kepala Lapas Anak Pria.

Anonim mengatakan...

sedikit masukan tuk kreatif.

Proses penulisan tentang suatu laporan dng mengikut sertakan karakter asli /nyata, harap untuk tidak menggunakan nama asli.

Masukkan nama pengganti, singkatan spt mr. X dan juga diberikan tanda footnote bahwa nama tersebut adalah pengganti krn penggunaan nama asli kurang profesional.

Komunitas Remaja Pena Anak Kreatif mengatakan...

Terima kasih atas masukannya ^_^

Unknown mengatakan...

salam
saya tertarik untuk melakukan penelitian di lapas anak, jika berkenan saya ingin menanyakan contact person dari KReatif dan contact person ibu sondang. teri makasih. mohon balasannya :)