Halaman

04 Mei 2010

KELAS MENULIS KREATif bulan April

Berbeda dengan kebanyakan komunitas lain, KREATif Jakarta mengembangkan kemampuan remaja dalam kelas menulis. Ini sangat potensial untuk membangkitkan ‘sleeping giant’ yang ada pada jiwa setiap orang. Dalam kelas menulis ini, para peserta datang dari berbagai macam latar belakang. Tidak hanya belajar menulis kreatif, tapi juga mengenal perbedaan menulis kreatif dan menulis akademik. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar.

Kelas menulis ini diadakan di ruang kelas KREATif, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI), Tebet, 25 April 2010. Dari pengalaman berdiskusi dengan pembicara, para peserta merasa potensi menulis adalah peluang yang sangat menarik, tak terkecuali peluang usaha. Kelas menulis diawali dengan latihan menulis ‘buta’ (tanpa tahu apa beda academic writing dan creative writing), kemudian tulisan yang mereka buat didiskusikan dengan peserta yang lain. Tulisan bisa dalam bentuk karya sastra, artikel dan berita langsung.

Kegiatan ini bisa menjadi awal bagi kita untuk membuat karya-karya kreatif bersama. Vera, sang pembicara, menjelaskan kepada peserta bagaimana mengenal dan membedakan academic writing atau pun creative writing. Ia menceritakan bagaimana upaya membentuk sebuah karya yang baik bagi pembaca, serta bagi penulisnya sendiri. Sehingga, kegiatan ini justru dapat menjadi ruang bagi anggota komunitas untuk merasakan bagaimana membangun karya dengan beribu ide yang berbeda latar.

Setelah materi selesai disampaikan, Vera membuka diskusi dan forum tanya jawab. Proses belajar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan daya kritis remaja. Semakin banyak tantangan yang dihadapi oleh remaja di masa depan, semakin banyak pula bekal yang dibutuhkan. Antara lain, bagaimana mengenal diri sendiri, lingkungan dan potensi-potensi yang bisa dikembangkan dengan segala kreatifitas. Seperti yang dipelajari dalam kelas menulis yang berlangsung selama 3 jam ini.

Tidak ada komentar: