Halaman

21 Mei 2010

Kelas Menulis KREATif Bulan Mei

Jakarta - Komunitas Remaja Pena Anak Kreatif (KREATif) kembali menggelar kelas menulis.
Kelas menulis tersebut menghadirkan seorang penulis muda multi talenta dari KREATif DKI Jakarta, Aditya Gilank Pratama.

Pelatihan praktis dan singkat dengan topik "PENULISAN CERPEN DAN SKENARIO" ini, berlangsung di Ruang Kelas KREATif, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI), Minggu, 10 Mei 2010.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta termotivasi untuk menulis cerpen dan skenario dengan produktif, lebih semarak, serta memahami teknik menulis cerpen yang berkualitas. Apalagi mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dipublikasikan di media massa cetak, seperti koran harian, tabloid, dan majalah lokal maupun nasional.

Ditegaskan bahwa narasumber yang dihadirkan adalah sosok yang berkompeten dan memiliki pengalaman dalam menulis cerpen yang berkualitas.

Dalam pemaparan materi, para peserta antusias mengikuti dan aktif bertanya. Narasumber memberikan informasi, trik dan tip, serta proses kreatif dalam dunia penulisan.

Pada sesi tanya jawab, ada peserta bertanya tentang seluk beluk kepenulisan dan pengalaman narasumber dalam menghasilkan karya-karyanya, kiat-kiat mengembangkan potensi diri, bagaimana memulai kegiatan menulis dan beberapa pertanyaan lain yang semuanya dijawab dengan baik dan memuaskan oleh narasumber.


Acara yang berlangsung selama 3 jam tersebut ditutup setelah makan siang. Secara keseluruhan, kelas menulis berjalan dengan lancar, walaupun ada beberapa kendala teknis yang tidak dapat dihindari, seperti alokasi waktu yang tersedia sangat terbatas sehingga narasumber terkesan “dikejar hantu”, LCD yang “kurang beres”, dan lain-lain (ini menjadi pelajaran berharga bagi kami).

Ke depan, semoga kegiatan serupa semakin sering diadakan dengan variasi materi dari berbagai bidang. Hal ini akan sangat berguna untuk menambah wawasan dan kemampuan para remaja.

Memang, meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam menulis tidak mungkin dicipta dalam sekejap mata. Diperlukan langkah progresif setahap demi setahap.

Ruang sudah disediakan, kesempatan sudah diberikan. Mulai dari diri sendiri.


Menulislah...
Maka kompetensi dan kreativitas akan dapat diberdayakan.

Tidak ada komentar: