Halaman

24 Juni 2010

Star of The Month


Namanya I Gusti Ayu Sri Gayatri Kancana Dewi. Gayatri atau Gya, begitu teman-teman KREATif biasa memanggilnya, bersama Astari Maghfira tetap berperan di balik layar Blog, Buletin dan Facebook KREATif meskipun dari jarak yang cukup jauh di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Termotivasi oleh karya-karya mendiang kakeknya, AA. Pandji Tisna, pujangga Indonesia tahun 1930an, Sukreni Gadis Bali,dll yang banyak mengangkat tema sosial dan budaya Indonesia, putri pasangan I Gusti Made Hiswara dan Luh Sunarmini, kelahiran 23 Agustus 1995 ini juga mencintai dunia menulis dan kepedulian sosial sejak kecil. Dukungan kedua orangtua, saudara dan keluarga besarnya membuat Gayatri terus menulis meskipun beberapa kali gagal dalam lomba. Sampai akhirnya pada tahun 2008, tulisannya yang berjudul “Pelepah Pisang Lindungi Bumi dari Pemanasan Global” mengantarkannya sebagai The Twenty Best Indonesian Young Writers 2008, pilihan United Nations Children’s Fund, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia dan Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Tulisan ini juga mempertemukannya dengan KREATif pada The Creative Writing Workshop, Juli 2008 di Jakarta.
Meskipun selama menempuh pendidikan di TK Amdani, SDN 6 Mataram dan SMPN 2 Mataram, siswi baru di SMAN 1 Mataram ini sering dipandang sebelah mata lantaran aktivitas menulis dan memperjuangkan hak anak bersama KREATif, ia malah semakin gigih berjuang untuk memperlihatkan pada semua orang bahwa kegiatannya bersama KREATif bukan sekadar isapan jempol. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya ia sebagai The Twenty Best Indonesian Young Writers pada 3 tahun berturut-turut, 2008, 2009 dan 2010. Kemudian, dimuatnya tulisannya mengenai Hari Kebangkitan Nasional pada Harian Seputar Indonesia edisi 19 Mei 2010 serta mengenai hak anak dan dunia menulis di Harian Suara NTB edisi 4 September 2008. Aktif di usia muda membuatnya menjadi peserta termuda pada Forum Anak Nasional 2008 dan wakil Indonesia termuda pada International Youth Forum 2009. Gubernur NTB dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB juga sangat mengapresiasi langkah aktifnya bersama KREATif dan menugaskannya untuk mempromosikan budaya dan pariwisata NTB pada International Youth Forum 2009 yang lalu.
Keprihatinannya terhadap dunia pendidikan yang memandang aktivitas sosialnya sebelah mata ini akhirnya memunculkan ide untuk mensosialisasikan hak anak dan budaya menulis. Dengan konsep yang santai dan menyenangkan, Stand KREATif berdiri di gazebo halaman SMPN 2 Mataram pada 9-12 Juni 2010 lalu, bertepatan dengan perayaan HUT Emas sekolahnya tersebut. Selama 4 hari, Gayatri dan Dhini teman seperjuangan di KREATif NTB mensosialisasikan hak anak dan mengajak warga sekolah untuk menulis serta peduli pada hak anak. Saat ini, Gayatri sedang deg-degan menunggu pengumuman seleksi Penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2010, doakan semoga berhasil ya teman-teman….

3 komentar:

Yosh mengatakan...

Cantik bngt tu cewek bisa kenalan enggak ya. nice blog moga tambah sukses kedepannya. mari mengenal keindahan alam pariwisata lombok utara di http://7og4nk.blogspot.com

Laidien mengatakan...

Gambarnya tak pinjem...

De Du mengatakan...

Namanya Secantik orangnya...
Love to be here....and hope visit me back
http://2nopost.blogspot.com