Halaman

09 Juni 2010

Stand KREATif on SMPN 2 Mataram (Hari 1)

Setelah mengalami beberapa kali perubahan jadwal, akhirnya Stand KREATif bisa berdiri juga di gazebo (bahasa sasak: berugaq) timur SMPN 2 Mataram. Dua orang penanggungjawab sekaligus penggagasnya, Gayatri dan Dhini nggak bisa tidur malamnya lantaran lokasi stand yang belum didekorasi karena hujan deras sehari sebelumnya.
Fiuuh.. jadilah pagi-pagi dua orang ini sibuk mengangkut dus besar (yang juga berat) berisi perlengkapan stand dari gerbang depan ke halaman belakang yang cukup jauh. Dus besar ini sukses menyedot perhatian orang-orang di sekitar yang sedang seru menonton pertandingan olahraga antarkelas. Begitu dus dibuka, teman-teman lain yang sedang duduk-duduk di gazebo ikut mengintip apa sih isi dus besar itu. Yang ternyata adalah setumpuk buku-buku, pamflet, bulletin, dan pernak-pernik lain soal hak anak, keperluan dekorasi dan pernak-pernik lucu dari olahan sampah plastik. Hiia.. belum apa-apa ada saja tangan-tangan nggak sabar yang mengaduk-aduk isi dus karena tertariknya. Dimana tangan-tangan ini malah disentilin sama 2 orang teman kita, Gya (nickname Gayatri yyang diberikan oleh teman-teman KREATif) dan Dhini karena membuat isi dus berantakan. Yang berarti juga pekerjaan mereka menyiapkan stand tambah lama.
Satu demi satu teman-teman yang duduk di situ menyingkir seiring dengan satu persatu kain dibentang menutupi seluruh sisi gazebo. Dimulai dari spanduk bertuliskan “Stand KREATif” berikut logo KREATif, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia dan UNICEF, kemudian kain-kain tenun khas Lombok dengan warna mencolok yang berfungsi sebagai galeri foto kegiatan KREATif dan terakhir kain putih sepanjang 6 meter untuk tempat teman-teman membubuhkan tanda tangan dan kalimat-kalimat seputar hak anak menurut pandangan mereka.
Suasana mulai riuh oleh beragam pertanyaan seperti,
“Mbak Gay (Nickname Gayatri dari adik-adik kelasnya), ini lagi ngapain?”
“Gay, kok muka-muka di foto ini kita nggak kenal?”
“Din, mending pasang foto kita aja. ”
“Eh.. ini aneh-aneh lagi ngebentang kain putih kayak ada orang meninggal. Ngapain sih kalian?”
“Eh, kalian berdua ngapain sih? Sibuuuk terus dari tadi. Aneh ih!”
“Ini Stand KREATif yang ada di facebook itu ya?”
“Tentang hak anak ya? Hmm..Hak anak itu apaan?”
“Wah, dari fotonya keliatannya seru nih workshopnya. Wah, berarti tahun ini harus menang nih Lomba Menulis Artikel biar ikutan seru bareng KREATif. Doain ya, Mbak Din?”
“Kita boleh nulis apa aja nih di kain ini?”
“fotoin kita dong, Gay di sini. Bagus nih buat di facebook”
Dan sedeeerreeet pertanyaan lainnya yang dijawab oleh Dhini dan Gya sekaligus berbagi informasi tentang hak anak serta dunia menulis.
“Hore! Dapat pin sama koran anak. Trims KREATif!”
Ya, buat teman-teman yang tulisannya tentang hak anak yang unik di kain putih dapat hadiah lho. Pin dan koran anak.
Dari siswa kelas 7, 8, 9, guru-guru sampai kakak-kakak alumni ikutan heboh menulis di kain putih tentang hak anak.
“Bagus nih standnya” kata guru Bahasa Jepang.
“Remaja memang harus terus melestarikan budaya daerah di tiap kesempatan” nasihat Pak Hamid. Guru Seni Budaya mengomentari kain tenun yang dipakai di stand ini.
Nah, seru kan? Tunggu terus updatenya setiap hari di blog dan facebook KREATif, ya. Karena Stand ini akan terus ada sampai hari Sabtu, 12 Juni 2010. Mulai pukul 8.00 sampai pukul 12.00. Jadi, buat teman-teman yang belum mampir, mampir ya! Besok, kamis 10 Juni 2010, Stand ini akan menjual berbagai pernak-pernik olahan dari sampah plastik….

Tidak ada komentar: