Halaman

22 Maret 2010

Kelas Menulis KREATif bulan Maret

Menulis? Mungkin menjadi sesuatu yang mudah bagi sebagian orang, apalagi bagi yang memiliki profesi terkait, seperti wartawan dan novelis. Namun bagi banyak orang, menulis mempunyai “ketaksederhanaan” tersendiri untuk dikerjakan. Hasrat ingin menulis, kadangkala terhambat oleh berbagai persoalan.

Kelas Menulis KREATif, merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membangunkan “sleeping giant” yang tertidur pada jiwa-jiwa muda kreatif untuk menisankan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kegiatan ini diadakan secara berkala (satu kali tiap bulan) oleh KREATif, dengan materi yang selalu berbeda dalam tiap pertemuan.

Untuk kelas menulis bulan Maret, sudah berlangsung pada Sabtu, 13 Maret 2010 dengan Materi FIKSI & NON FIKSI, serta Nityaningrum Duatibumi sebagai pembicaranya. Banyak catatan menarik dari kelas menulis tersebut. Salah satunya, hadir seorang peserta yang rela izin kepada kepala sekolahnya untuk mengikuti kelas menulis yang diadakan KREATif. Izin meninggalkan pelajaran, tentu bukan hal yang mudah. Jika belum sanggup meyakinkan guru/kepala sekolah, bisa berhari-hari izin tersebut baru diberikan. Namun dengan penuh kepercayaan diri, dan usaha keras untuk meyakinkan guru dan kepala sekolah terhadap pentingnya kelas menulis ini, akhirnya Lita berhasil mendapat izin tersebut.

“Kalau saya ikut kelas menulis, saya pasti dapat banyak ilmu tentang menulis. Ini bisa menjadi bekal saya untuk memenangkan Lomba Menulis yang diadakan YKAI tahun ini. Kalau saya menang, sekolah pasti akan bangga terhadap saya. Seumur-umur belum pernah saya menang lomba apapun, walau udah pernah ikut beberapa kali.” Begitu kira-kira cara Lita meyakinkan gurunya.

Kelas menulis kali ini dibuka dengan pelatihan menulis fiksi dan non fiksi. Selanjutnya pembicara menyampaikan materi dan menilai beberapa dari tulisan peserta. Unik, kreatif, dan ada yang memiliki ciri khas tersendiri dalam tulisannya.

Di akhir kegiatan, seluruh peserta mantap mendaftarkan diri sebagai anggota KREATif agar dapat mengasah keterampilan menulis lebih dalam lagi.

Doa kami dari KREATif adalah… semoga niat mulia para peserta untuk menulis buku menjadi kenyataan. Ramaikan negeri ini bukan dengan gosip ataupun konflik, melainkan dengan tumbuhan ilmu dalam bentuk buku dan tulisan.

Amin..

Nantikan info Kelas Menulis selanjutnya ^_^

1 komentar:

iyha mengatakan...

nice info
makasih
ditunggu kelanjutanya