Halaman

20 Februari 2012

Nilai Sebuah Toleransi

Nilai Sebuah Toleransi

KREATif Bandung – Rahadian Muslim

gambar : internet

“When you find peace within yourself, you become the kind of person who can live at peace with others” –Peace Pilgrim

Toleransi. Hal yang membuat kita masih bisa hidup dengan nyaman hari ini. Bagaimana tidak, hanya dengan sebuah toleransi kita tidak perlu susah payah berkelahi setiap hari karena adanya perbedaan. Perbedaan selalu indah jika kita bisa memandangnya dengan kacamata berbeda. Beda bukan berarti salah, beda bukan berarti tidak. Bisa membayangkan bagimana jadinya kalau semua bunga berwarna merah atau semua hewan berwarna hitam? Mungkin akan terasa sangat membosankan, tidak ada keberagaman yang bisa membuat semuanya menjadi indah dilihat.

Tuhan menciptakan perbedaan bukan tanpa maksud. Jika semua makhluk sama, lalu darimana kita belajar? Belajar dari yang benar supaya tahu mana yang salah dan belajar dari yang salah supaya tahu mana yang benar. Akankah kita mengenal sebuah makna toleransi? Jika berbeda saja membuat kita tidak tahu makna toleransi bagaimana jika semua diciptakan sama,mungkin kita akan menjadi makhluk individualis yang sama sekali tidak peduli dengan orang lain.

Kita harus terbiasa dengan sebuah perbedaan. Masih ingat semboyan negara kita? Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi akhirnya satu jua. Jika kita sebagai generasi mudanya saja sudah pandai bertikai, lalu bagaimana jadinya negara kita belasan tahun ke depan, padahal nanti kita akan mengisi kursi-kursi kosong dalam berbagai profesi yang ada. Mungkin setiap masalah yang ada diselesaikan dengan menggunakan otot, bukan otak. Belasan tahun sekolah terasa sia-sia bukan? Jangan sampai hal itu terjadi.*(RM)

Tidak ada komentar: