Halaman

11 Oktober 2011

OMOB Jakarta I : Berbagi di Bulan Puasa

“Seru kak, dapet pengalaman yg baru banget, seneng bisa bagi-bagiin secara langsung kaya gitu, bisa lebih bersosialisasi lagi dengan sesama. Pokoknya seneng banget bisa ikut berpartisipasi. Ditunggu kak aksi-aksi (baca : KREATif) yang berikutnya. Aku siiiiaaap :D” kata Elhammi, salah seorang volunteer begitu ditanya mengenai kesan-kesan setelah berpartisipasi dalam OMOB Jakarta I yang dipromotori oleh KREATif.

***

Belum lama ini KREATif mengadakan sebuah aksi, gebrakan baru yang dimulai sejak bulan Agustus (bulan puasa) hingga menjelang ulang tahun KREATif yang ke-4. Apalagi kalau bukan ONE MAN, ONE BREAD atau yang lebih mudah dikenal dengan nama OMOB.

OMOB adalah gerakan sosial yang dipromotori oleh KREATif berupa penukaran uang sumbangan sukarela minimal Rp 5000 dengan sebuah pin kampanye “One Man, One Bread”. Uang yang nantinya terkumpul akan kita belikan dengan sejumlah roti. Kemudian roti-roti itu akan kita bagikan kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Berhubung OMOB Jakarta I dilaksanakan bertepatan dengan bulan Ramadhan, maka kita membagikannya kepada saudara-saudara kita yang hendak berbuka puasa namun tidak memiliki makanan untuk berbuka, khususnya anak-anak. Perlu teman-teman ingat, aksi ini kita selenggarakan bukan dalam rangka menyambut bulan puasa tetapi sebagai tanda nasionalisme persaudaraan bahwa kita bisa berbagi dengan sesama. Meskipun dari hal-hal kecil, yaitu dari sebongkah roti.

Hingga laporan ini dipublikasikan, OMOB berhasil dilaksanakan di 4 kota besar di Indonesia dengan jumlah roti yang sudah dibagikan sebanyak 540 buah. Keempat lokasi tersebut adalah Mataram, Nusa Tenggara Barat (25 Agustus 2011), Jakarta I (26 Agustus 2011), Surabaya, Jawa Timur (27 Agustus 2011) dan Palembang, Sumatera Selatan (9 Oktober 2011). Kota-kota lainnya seperti Bandung, Cirebon, Manokwari dan lainnya dikabarkan menyusul.

OMOB KREATif Jakarta I yang diselenggarakan pada Jumat, 26 Agustus 2011 pukul 16.00 – 18.00 WIB berlangsung sukses. Aksi ini mendapatkan respon yang positif dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Terbukti OMOB Jakarta I berhasil membagikan 110 roti.

Berhubung banyaknya jumlah roti dan terbatasnya jumlah waktu, maka KREATif Jakarta I membagi para anggota KREATif dan volunteer menjadi 4 tim. Masing-masing tim terdiri dari 4 orang.

Ada 110 buah roti yang hendak dibagikan dalam aksi ini. Namun mengingat dana yang terkumpul cukup banyak, maka KREATif Jakarta I tidak hanya membagikan roti saja tetapi juga 110 air mineral serta 110 wafer. Makanan-makanan itu lalu kita masukkan ke dalam plastik disertai dengan kertas yang berisikan info tentang aksi ONE MAN, ONE BREAD yang dipromotori oleh KREATif. Dalam kertas itu juga dijelaskan bahwa aksi ini sudah dilakukan di 3 kota besar (saat itu masih 3 kota besar) dan penjelasan singkat tentang KREATif.

Pukul 16.00 WIB. Setelah masing-masing tim KREATif Jakarta I mengambil jatah 27 hingga 28 buah roti untuk tiap-tiap titik, Its time to ACTION!

Masing-masing tim langsung melakukan aksi pembagian roti di 4 titik ibukota yang berbeda ; Gondangdia, Slipi-Palmerah, Kebayoran Lama serta Karet. Teknis pelaksanaannya adalah kita keliling dengan menggunakan sepeda motor. Ada dua cara yang kita lakukan. Pertama, kita memberikan roti kepada setiap sasaran yang kita temukan di jalan. Kedua, kita stay di tempat dimana banyak orang membutuhkan, khususnya anak-anak.

Ternyata pepatah, “Dimana ada gula, pasti ada semut” ada benarnya. Terbukti dari keempat tim semuanya mengalami hal yang sama. Nyatanya, baru saja kita stay untuk membagikan roti, tiba-tiba saja sudah banyak orang yang mengerubungi. Sampai-sampai kardus bekas yang kita gunakan untuk mengumpulkan roti tampak berharga bagi mereka. Seorang ibu paruh baya saja hingga berkata, “Dek, boleh minta kardusnya?”

Good job! Dalam waktu dua jam 110 roti habis dibagikan! Guna merayakan hal ini, masing-masing tim kini berkumpul kembali di satu titik yang telah ditentukan, yaitu ITC Permata Hijau. Selain untuk berbuka puasa bersama, perkumpulan ini dilakukan juga guna meningkatkan solidaritas antar sesama anggota KREATif dan para volunteer yang terlibat sembari berbagi cerita mengenai pengalaman menarik apa saja yang telah kita dapati.

Hari makin malam. OMOB Jakarta untuk season ini pun usai dilakukan. Namun setidaknya ada satu pelajaran yang bisa kita dapatkan dari pengalaman ini ; “bangunlah dari tidurmu lalu bukalah mata dan telingamu lebar-lebar. Lalu lihat, dengar dan rasakan keadaan di sekelilingmu. It’s time for us to make a change!” -NK-

Berikut adalah hasil dokumentasi OMOB Jakarta I :



Pasha & Nita saat menjalankan aksi OMOB dengan sepeda motor.

Seorang ibu beranak dua mengulurkan tangannya begitu menerima roti OMOB dari KREATif Jakarta I.


Pembagian roti OMOB KREATif DKI Jakarta I di daerah Gondangdia mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar: