Halaman

11 Agustus 2010

The Creative Writing Workshop 2010


Awal Juli 2010 kemarin, tepatnya 1-5 Juli 2010, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia, United Nations Children's Fund dan Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan menyelenggarakan The Creative Writing Workshop untuk para penulis muda Indonesia. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Lomba Menulis Nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya. Nah, CWW kali ini dilaksanakan di Hotel Sahid Raya, Yogyakarta dan dihadiri oleh The Best Indonesian Young Writers 2009 dan 2010 beserta sejumlah anggota KREATif. Apa saja ya kegiatan 40 orang penulis muda dari seluruh Indonesia ini?

1 Juli 2010

Workshop dibuka oleh Ibu Lily I. Rilantono, Ketua Umum YKAI, Ibu Lely Djuhari (UNICEF) dan pejabat Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibu Lily berpesan kepada para peserta untuk menjadi anak Indonesia yang ceria dan dapat membawa bangsanya ke arah yang lebih baik.
Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan materi mengenai hak anak dan undang-undang no. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang disampaikan oleh Ibu Winarti Sukaesih, Direktur Eksekutif YKAI. Kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai teknologi informasi dan komunikasi oleh Bapak Lilik dari Pustekkom Depdiknas. Dua sesi ini membawa para peserta hanyut dalam diskusi mengenai anak-anak dan permasalahannya. "Nah, inilah tugas kalian sebagai penulis. Tulislah peristiwa-peristiwa di sekitar kalian, buatlah perubahan dengan tulisan. Sampaikan kepada dunia dengan memanfaatkan teknologi informasi", pesan Pak Lilik.

Selepas makan siang, giliran Bapak Gunawan Alif (Majalah Cakram) yang "mengisi" para peserta dengan teknik menulis yang baik. Salah satu juri Lomba Menulis YKAI-UNICEF ini mengajak para peserta untuk berani mencoba berbagai gaya penulisan. Sehingga hasilnya lebih segar dan dipahami pembaca.
Sore hari yang tenang diisi dengan materi Human Interest Story oleh Pak Wisnu Nugroho, wartawan Harian Kompas yang pernah bertugas meliput di Istana Negara selama 5 tahun. Pembawaan Pak Wisnu yang santai dan menyenangkan membuat para peserta begitu menikmati sesi tersebut dan dapat menerima "ilmu" dengan baik.

Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan sesi lanjutan Pak Gunawan Alif. Serunya belajar mengedit dan menganalisa karya para pemenang Lomba Menulis. Karya Nita Oktaviya dan Aditya Gilank (pemenang tahun ini) tidak ketinggalan dijadikan bahan belajar.
Sekitar pukul 9 malam, sesi Inspirational Youth menghadirkan Aditya Gilank Pratama, ketua KREATif sekaligus The Best Indonesian Young Writer 2010 sebagai bintangnya. Aditya berbagi pengalaman menulis dan memperjuangkan hak anak kepada para peserta. Truly Inspirational!

Sebelum kembali ke kamar untuk beristirahat, para pemenang 2009 dan 2010 dibagikan bingkisan hadiah dari sejumlah sponsor seperti Kedaung Group dan Soho Group. Gayatri dari NTB yang menjadi finalis pada dua tahun berturut-turut mendapat sorakan dari teman-teman. Lantaran mendapat bingkisan dua kali lipat dan mengikuti sesi foto bersama dua kali juga.

Nah, demikian liputan hari pertama Creative Writing Workshop, tetap update Blog KREATif karena liputan hari selanjutnya akan dipost berseri.

Tidak ada komentar: