Halaman

18 April 2012

Save Our Papers Jakarta

Pada hari Minggu aku pergi ke pantai. Saya pergi ke pantai menaiki mobil saya. Saat di mobil saya melihat pemandangan bagus sekali. Saya melihat sawah, pegunungan dan juga kerbau. Saya tiba di pantai senang sekali. Dan saya bermain pasir dan saya bermain air di sana. Saya melihat kerang dan melihat ikan yang indah. Saat pulang saya menaik mobil saya. Saya melihat pemandangan yang lebih bagus. Saya melihat ikan yang dijual di jalan raya.

***

Itulah salah satu karangan yang ditulis oleh salah seorang peserta Save Our Papers alias SOP Jakarta seusai pemberian materi menulis. Tulisannya khas anak-anak. Polos, lucu dan apa adanya.

Well, inilah serangkaian aksi Save Our Papers yang terakhir setelah sebelumnya diselenggarakan di 3 kota besar di Indonesia : Bengkulu, Mataram dan Palembang. Jakarta yang dahulunya bernama Jayakarta akhirnya menjadi tempat terakhir penyelenggaran dari aksi nasional ini.

Sekitar dua bulan kami melakukan pengumpulan buku dan kertas-kertas bekas. Setelah terkumpul cukup banyak, kami pun ‘menyulap’ kertas-kertas dan buku-buku bekas tersebut menjadi buku-buku layak pakai. Untuk cover, kami memakai karton dan kalender bekas. Sebagai tindak lanjutnya, kami memanfaatkan buku-buku yang sudah kami ‘sulap’ menjadi barang yang lebih berguna dengan mengadakan workshop mini seputar menulis. Apalagi kalau bukan Save Our Papers.

Dari sekian banyaknya tempat anak di kota Jakarta, entah itu panti asuhan ataupun sekolah, SD Al-Anwar, Cilandak, Jakarta Selatan lah yang terpilih sebagai tempat pelaksanaan aksi SOP (Save Our Papers) KREATif Jakarta. Ada beberapa keputusan yang kami pertimbangkan mengapa kami memilih sekolah ini sebagai lokasi acara.

Pertama, dari segi sumber dana sekolah itu. Bayangkan, demi kelancaran proses belajar-mengajar, dana sekolah didapatkan dari sumbangan yang didapatkan dari rumah ibadah (baca : masjid) terdekat. Belum lagi mayoritas pelajar di sekolah itu juga merupakan anak yatim. Jangankan memiliki lapangan untuk berupacara setiap Senin tiba, perpustakaan pun juga tiada. Kendati demikian, setidaknya sekolah berlantai 2 itu masih lebih beruntung ketimbang sekolah dasar lainnya di pelosok daerah yang masih jauh dari kata layak. Keterbatasan tidak menjadi penghalang. Meski tak memiliki ruang, setidaknya ada satu hingga tiga rak buku yang ditempatkan di koridor di lantai atas sekolah secara terbuka.

Kembali soal SOP, SOP Jakarta diselenggarakan pada Minggu, 15 April 2012. Namun meskipun acara baru akan dimulai pada pukul 10.00 WIB, antusiasme para peserta untuk mengikuti workshop mini SOP tak surut. Terbukti sejam sebelum acara dimulai yakni sejak pukul 09.00 WIB, anak-anak yang terdiri dari kelas 3, 4 dan 5 sudah hadir terlebih dahulu di sekolah. Ditemani dengan beberapa guru pendamping, mereka menunggu kami dengan sabar.

Ternyata benar saja, Tuhan mengabulkan permintaan mereka. Begitu kami hendak memulai acara pada pukul 10.00 WIB, dengan segera adik-adik naik ke lantai atas lalu menempati tempat duduk masing-masing di sebuah kelas tak ubahnya semut yang mengantri pembagian gula. Mereka senang, kami yang hendak mengadakan acara juga senang.

Seharusnya ada 30 anak yang akan mengikuti workshop mini yang kami adakan. Tetapi entah mengapa hanya ada 19 anak saja yang hadir. Entah kemana 11 anak lainnya. Namun begitu ditanya tentang temannya yang tidak hadir, seorang anak mengatakan bahwa temannya masih tertidur pulas sehingga tidak datang ke acara SOP. Sebagian lainnya mungkin ada yang lupa, ada juga yang mendadak berhalangan begitu hari H. Tapi ya sudah lah, show must go on! Apapun kondisinya kami tetap harus melanjutkan acara. Dengan 19 adik pun kami juga sudah bisa membuka acara.

Acara diawali dengan perkenalan. Mulanya kami memperkenalkan masing-masing personal dari kami serta sekilas tentang apa sih KREATif itu. Kami menjelaskan bahwa KREATif adalah komunitas penulis muda yang peduli akan hak-hak anak yang dinaungi oleh YKAI dan UNICEF. Kami menjelaskan bahwa ada loh organisasi anak yang peduli dengan keberadaan anak-anak! Tak lama berselang kini giliran bagi adik-adik Al-Anwar untuk berdiri sembari memperkenalkan diri masing-masing. Tak hanya memperkenalkan diri, mereka juga harus bercerita kepada kami kira-kira kalau sudah dewasa nanti ingin jadi apa sih? Begitu masing-masing dari mereka melontarkan jawaban, seketika kami takjub. Tak dinyana, jawaban mereka tak kami duga-duga. Ada yang bercita-cita menjadi dokter, guru, arsitek bahkan hingga pemain sepak bola!

Tepuk hak anak! Prok prok prok! Hak Hidup! Prok prok prok! Tumbuh Kembang! Prok prok prok! Perlindungan! Prok prok prok! Partisipasi

Lanjut... Oya, sebelum acara inti dimulai, kami melakukan tepuk hak anak terlebih dahulu lho... Adik-adik kami pinta untuk berdiri lalu dipimpin oleh Noval, ketua KREATif, kami melakukan tepuk hak anak secara bersama. Salutnya, pemahaman mereka bisa dikatakan cukup cepat. Begitu ditanya siapa yang berani mempraktekkan tepuk hak anak di depan, seorang anak mengajukan diri dan mencontohkan tepuk hak anak di hadapan teman-temannya yang lain. Sontak tepuk tangan bergemuruh di seisi ruangan kelas. Sebagai apresiasi atas keberaniannya, KREATif pun memberikannya sebuah bingkisan menarik.

Noval KREATif memberikan materi seputar menulis kepada adik-adik Al-Anwar

Beranjak ke acara berikutnya, kini tiba waktunya pemberian materi alias sharing bersama. Namun sebelum itu, Febi, Dini dan Ilman membagikan alat tulis berupa pensil, buku SOP, rautan dan penghapus terlebih dahulu kepada masing-masing peserta. Lalu bermodalkan sebuah papan tulis dan sebuah spidol, kami pun berbagi ilmu kepada adik-adik.

Kami sharing kepada mereka bahwasanya untuk menulis itu tidaklah sulit, asalkan ada kemauan, kita pasti bisa menulis. Masalahnya, apakah kita tau bagaimana caranya? Nah, di sinilah fungsinya workshop mini. Kami saling berbagi pengetahuan agar kami bisa belajar satu sama lain.

Dalam sharing, kami menjelaskan bahwa pertama kali yang perlu dilakukan sebelum menulis adalah memahami apa pengertian dari menulis. Jika kita saja tidak mengerti apa itu pengertian menulis, lantas bagaimana kita bisa menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan? Tetapi jika kita sudah mengerti apa itu menulis, kita bisa langsung menentukan tema. Kira-kira apa sih gambaran besar atau apa sih yang ingin kita bahas dalam tulisan kita?

Setelah menentukan tema langkah selajutnya adalah langsung menulis. Dalam sharing ini, kami tidak ingin terlalu banyak teori karena sasaran kami masih SD sehingga kalau teori yang kami sampaikan terlalu banyak, kami khawatir jika mereka mengalami kesulitan dalam mencerna apa yang kami sampaikan. Maka setelah menentukan tema, kami menjelaskan bahwa kita bisa langsung menulis. Namun jika adik-adik mengalami kesulitan, kami menjelaskan bahwa agar lebih mudah, kita bisa menentukan inti-inti alias poin-poin apa saja yang ingin kita tulis dalam tulisan kita. Setelah inti-intinya sudah disusun, barulah kita bisa mengembangkan poin-poin tersebut menjadi sebuah tulisan utuh. Oya, judul juga tak kalah penting. Kami juga menjelaskan kepada adik-adik bahwa tulisan tanpa judul ibarat orang tak punya nama dan betapa pentingnya menulis judul. Bahkan demi lebih memperkuat tulisan adik-adik, kami juga berbagi ilmu tentang penggunaan huruf kapital dan tanda baca secara benar dan tepat.

Pukul 11.30 WIB. Tak terasa workshop mini sudah berjalan selama 1 jam. Nah, ini dia waktu yang ditunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan lomba menulis! Ya, lomba menulis! Sayang-sayang dong sudah mendapatkan materi tetapi tidak melakukan praktek nyata? Maka inilah wadah yang tepat bagi mereka untuk menuangkan kreativitas mereka dalam bentuk tulisan. Temanya terserah, yang penting tentang pengalaman pribadi. Bagi 3 terbaik berhak mendapatkan hadiah. Kami ingin tahu kira-kira bagaimana sih adik-adik Al-Anwar menuangkan pengalaman yang mereka alami dalam bentuk tulisan?

Beberapa menit berlalu. Adik-adik yang sudah menyelesaikan tulisannya boleh menerima makanan sembari menuliskan kesan-kesan mereka terhadap acara ini pada selembar post it untuk ditempelkan di kertas karton yang sudah kami pasang di dinding. Lalu seiring berjalannya waktu, satu per satu peserta bangkit dari kursinya, mengumpulkan buku, menempelkan post it pada karton lalu sembari menunggu teman-teman yang lain, mereka dipersilakan untuk makan makanan yang tersedia.

Akhirnya semua peserta selesai menulis. Kami pun melakukan penjurian. Penjurian dilakukan oleh Febi, Noval dan Dini (hendak bergabung di KREATif) di ruang terpisah dengan ruang tempat workshop mini dan lomba menulis dilaksanakan. Kami melakukan penilaian berdasarkan isi, gaya bahasa dan judul. Nah, poin terbanyak yang didapatkan dialah yang akan menjadi pemenangnya. Di saat bersamaan, guna mengisi kekosongan selagi penjurian, Kak Dede, Wiza dan Ilman yang sedari tadi stay di tempat melakukan games interaktif kepada adik-adik Al-Anwar. Selain melatih konsentrasi, games ini juga melatih kemampuan motorik anak.

Finish! Tak terasa sudah satu jam berlalu. Waktu sudah menunjukkan puku 13.00 WIB. Itu artinya kami bertiga (Noval, Febi dan Dini) harus kembali ke atas untuk mengumumkan siapa 3 pemenang dari lomba menulis ini. Setibanya kami disana, kami membagikan buku terlebih dahulu secara acak. Jadi bagi adik-adik yang tidak merasa bahwa buku yang ada padanya bukan miliknya harus mengembalikan kepada yang empunya. Ada 16 buku yang kami bagikan. Artinya, ada 3 buku yang sengaja kami sembunyikan. Nah, 3 buku yang kami sembunyikan inilah karya para pemenang dalam lomba ini. Kami sengaja menyembunyikan ketiga buku itu karena kami ingin membuat kejutan.

Sebelum mengumumkan hasil lomba, kami bertanya terlebih dahulu siapa saja yang tidak kebagian buku. 3 orang mengaku kepada kami bahwa mereka tidak kebagian buku. Nah, di saat inilah kami mengerjai mereka. Kami menuduh bahwa ketiga orang tersebut tidak mengumpulkan buku. Kami beranggapan bahwa mereka ceroboh. Nah, sebagai dampak dari perbuatan mereka, kami menyuruh 3 orang yang kehilangan buku tersebut itu untuk maju ke depan untuk menuliskan masing2 dua kalimat di atas papan tulis. Mulanya tidak ada yang mau. Mereka merasa malu di satu sisi mereka merasa sudah mengumpulkan buku kepada kami. Sampai-sampai mata mereka berkaca-kaca seolah tak percaya bahwa buku mereka hilang. Akhirnya setelah kami dorong untuk berlaku berani, seorang di antara mereka memberanikan diri menulis di papan tulis. Keberaniannya membuat dua orang temannya juga turut memberanikan diri. Akhirnya mereka bertiga menuliskan masing-masing dua kalimat di atas papan tulis.

Setelah selesai, kami bertanya nama mereka masing-masing kemudian kami menuliskan nama mereka satu per satu pada sebuah buku. Di saat bersamaan kami seakan menyudutkan mereka dengan berkata bahwa mereka seolah tidak mengumpulkan buku. Sampai pada akhirnya ada di antara mereka yang mau menangis, barulah kami membeberkan kepada mereka bahwa tiga orang yang kehilangan bukunya adalah 3 pemenang dalam lomba ini. Kami juga menjelaskan kepada mereka bahwa kami hanya bercanda dan hanya bermaksud membuat kejutan. Sontak mereka kaget. Seketika tepuk tangan bergemuruh, tak menyangka bahwa ternyata 3 orang yang kehilangan bukunya adalah pemenang dalam lomba ini. Mereka adalah Nur Fitriah (Juara 1), Irza (Juara 2) & (Juara 3).

KREATif berpose dengan adik-adik Al-Anwar usai Save Our Papers Jakarta pada Minggu, 15 April 2012

Tak lama selang pembacaan hasil lomba, para peserta yang dinyatakan pemenang membacakan karyanya secara bergiliran di depan kelas. Setelah itu kami melakukan pembagian hadiah. Hadiah diberikan secara bergiliran dari juara terendah hingga tertinggi (juara 3, 2, 1) oleh Dini, Febi dan Noval. Hadiah yang kami berikan berupa keperluan sekolah yang dimasukkan ke dalam sebuah tas kertas. Kami memilih memasukkan hadiah ke dalam tas kertas ketimbang membungkusnya dengan kado sebab selain ramah lingkungan, tas kertas juga bisa digunakan dalam keperluan sehari-hari. Tak hanya kepada para peserta, kami pun juga memberikan sedikit pemberian kepada pihak sekolah berupa dua buah spidol whiteboard dan isi ulang tinta. Tak terasa sudah 3,5 jam waktu berlalu. Akhirnya setelah kami beres-beres terlebih dahulu, acara pun ditutup dengan doa dan berfoto bersama.* (NK)

2 komentar:

asvka mengatakan...

saya boleh gabung gak dengan komunitas ini. saya ridhwan di daerah bandung saya memiliki beberapa project yang mungkin bisa kita kerja sama dengan baik

dengan niat baik saya ucapkan terima kasih sebelumnya

mungkin bisa menghubungi saya lewat
email:generasiistiqomah1@gmail.com
hp:089656239503

Komunitas Remaja Pena Anak Kreatif mengatakan...

Boleh. Dengan senang hati ^____^

Silakan kirim email ke penulismuda.ina@Gmail.com :))